"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Jumat, 29 Maret 2013

Berikut Ini Nama-Nama Calon Presiden Iran


Wakil Ketua Majlis Iran Mohammad Hassan Aboutorabi-Fard secara resmi mengumumkan keputusannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan presiden negara itu.


Aboutorabi-Fard mengumumkan pencalonannya saat mengadakan kunjungan ke zona bekas perang di barat daya Iran pada hari Minggu, 24/03/13.


Pemilihan presiden kesebelas Republik Islam akan digelar pada bulan Juni dan bagi calon presiden dapat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (Guardian Council) mulai 07 sampai 11 Mei 2013.

Berikut ini nama-nama calon presiden Iran yang sejauh ini secara resmi sudah mendeklarasikan diri ikut kontes pesta demokrasi yang akan digelar di negeri Mullah itu.

1. Mustafa Pour-Mohammadi, Kepala Organisasi Inspektorat Negara,
2. Hujjatul Islam Hassan Rohani anggota senior Dewan Kemanfaatan Iran,
3. Mohammad Reza Bahonar, Wakil Pertama Ketua Majlis Iran,
4. Mohsen Rezaei, Sekretaris Dewan Kemanfaatan Iran,
5. Ali Fallahian, mantan Menteri Intelijen,
6. Manoucher Mottaki, mantan Menteri Luar Negeri Iran,
7. Mohammad Saeedi-Kia, mantan Menteri Perumahan dan Pembangunan Perkotaan,
8. Mohammad Hassan Aboutorabi-Fard, wakil Ketua Majlis Iran,
9. Mohammad Bagher Ghalibaf, Wali Kota Tehran.

Nama-nama tersebut diatas secara resmi mengumumkan pencalonan diri sebagai presiden yang akan di gelar bulan Juni mendatang. Namun nama-nama calon baru diperkirakan dalam waktu dekat segera menyusul.

Presiden Iran dipilih untuk jangka waktu empat tahun dalam pemilu nasional dan Guardian Council akan menyeleksi kelayakan dan kualifikasi calon presiden.

(islamtimes.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar