"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Selasa, 20 November 2012

Andalkan SDM Lokal, Iran Bangun Pengolahan Minyak Terbesar


Iran memulai pembangunan proyek fasilitas pengolahan minyak mentah terbesar di pulau Kharg, pesisir Teluk Persia.


Mahmoud Zirakchian-Zadeh, Direktur Eksekutif Perusahaan Nasional Minyak Lepas Pantai Iran (NIOOC) Ahad (18/11) mengatakan, Fasilitas pengolahan minyak mentah yang menelan investasi senilai $500 juta ini akan menambah peningkatan kapasitas pengolahan minyak mentah Iran sebesar 200.000 barel per hari (bph).



"Desain, konstruksi, instalasi dan pengoperasian pabrik Minyak Kharg ditangani sepenuhnya oleh kontraktor Iran," kata pejabat perminyakan Iran itu.

Fasilitas yang menelan waktu pembangunan konstruksinya selama tiga tahun itu, akan mengolah minyak mentah dari Doroud I, II Doroud, Abouzar dan ladang minyak Forouzan.

"Proyek ini dibiayai oleh Dana Pembangunan Nasional (NDF) dan Bank Tejarat," tegas Zirakchian-Zadeh.

Terminal minyak Kharg saat ini menangani sekitar 98 persen dari ekspor minyak mentah Iran dan pulau ini memiliki fasilitas penyimpanan lebih dari 40 dengan jumlah total minyak mentah sebesar 22 juta barel.

Iran juga mulai membangun empat fasilitas penyimpanan baru di Pulau Kharg dengan kapasitas sebesar 4 juta barel minyak mentah. 

(IRIB Indonesia/PH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar