"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Rabu, 03 Oktober 2012

Kelompok Muda Mudi Kreatif itu bernama Khatulistiwa Muda


Ditengah jaman anak muda yang punya image ‘galau’ dan konsumtif, sekelompok anak muda di Kota Tangerang Banten yang tergabung dalam Komunitas Khatulistiwa Mudamembuat barisan pemuda pemudi yang berjuang untuk karya nyata.


Mereka berusaha merapatkan diri untuk menyatukan misi cinta kebudayaan bangsa sendiri dengan cara mengangkat setiap moment dalam karya dan kegiatan bermanfaat. Contohnya
kegiatan klub baca, menari tradisional dan kegiatan berbagi melalui bakti sosial serta sharing kemampuan masing-masing anggota kepada sesama anggota dan lingkungan sekitarnya secara sukarela.

“Yang tergabung dalam komunitas ini boleh siapa saja dan dari mana saja yang penting punya semangat juang yang tinggi untuk cinta kebudayaan Indonesia.” TuturKamelia Indri Yanie selaku publisher komunitas Khatulistiwa Muda. Mengenal sosoknya begitu semangat melakukan sumbangsih dan menyalurkan minat generasi muda di sekitarnya melalui wadah komunitas ini, secercah harapan terhadap bright future generation terlintas dalam benak saya yang tadinya pesimis dengan gaya anak muda sekarang yang cenderung tak teratur.

Sebagai bentuk dukungan saya ketika mengetahui ada kegiatan positif yang dilakukan anak-anak muda ini, ingin menyebarluaskan informasi mengenai apa saja karya dan sumbangsih yang telah mereka lakukan untuk bangsanya, suatu bukti nyata bahwa mereka menyintai bangsa sepenuh hati. Dengan harapan dapat menjadi inspirasi kawula muda dimanapun berada untuk melakukan kegiatan positif seperti yang mereka lakukan.

Saat ini komunitas tersebut beranggotakan mayoritas para remaja seusia SMA, Mahasiswa dan umum, diketuai oleh Imam Holid Ahmad. Basecamp berada di Kotabumi Tangerang. Komunitas yang awalnya digagas oleh Reno Azwir (CEO) ini telah melakukan kegiatan berupa loka karya kepada pelajar dan masyarakat umum. dan lomba menulis yg bertemakan “AJANG MEMBEBASKAN DIRI DARI KEGALAUAN” untuk SMA dan Mahasiswa se-Tangerang. Dan diakhir tahun ini tepatnya Bulan Desember 2012 akan diselenggarakan acara yg lebih besar lagi yaitu Festival Khatulistiwa.

Festival Khatulistiwa yang akan menyelenggarakan lomba menari tradisional dari 33 Provinsi Se-Indonesia yang bertajuk “Indonesian Culture and Dance Festival” Bertujuan untuk mengajak masyarakat dan kaum muda dalam melestarikan budaya bangsa dan menyatukan keanekaragaman dari 33 Provinsi melalui tarian.
Bagi siapa saja silakan hadir di acara ini karena terbuka untuk umum dan gratis, rencananya akan dilaksanakan pada Tanggal 31 desember 2012 di Citra Garden Cikupa Tangerang (Tempat masih tentativ).

Sampai saat ini masih menerima pendaftaran bagi pelajar SMU, Mahasiswa dan umum untuk mengikuti lomba tarian nusantara ini, silahkan daftar bagi yang berminat, informasi detail ada di sini. Registrasi diberlakukan hanya untuk pesertalomba tari, kalau untuk menghadiri acara tanpa registrasi.

Selain Tarian, dalam festival Khatulistiwa muda ini akan ada Festival Kuliner dari 33 Provinsi serta pembagian buku dari bangunan menara buku berjumlah 2012 buah yang akan dirubuhkan saat menjelang pergantian Tahun, semua yang hadir bisa mengambil buku yang diinginkan secara gratis. Sesuai missi khatulistiwa muda untuk menumbuhkan minat baca pada generasi muda.

Yuk kita dukung aksi dan karya kreatif anak-anak muda ini, untuk info selengkapnya bisa dilihat pada :
Blog http://khatulistiwamuda.blogspot.com/
Twitter : @khatulistiwamda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar