"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Selasa, 11 Juni 2013

Iran Manfaatkan Teknologi NANO di 8 Industri Nasional

Kepala Lembaga Teknologi NANO Republik Islam Iran mengaku, sampai saat ini lebih dari delapan industri Iran memanfaatkan teknologi NANO.


Dr. Saeed Sarkar dalam wawancaranya dengan Fars News (10/6) mengatakan, "Pemanfaatan teknologi NANO dalam industri sangat urgen. Berdasarkan sejumlah prediksi 12 tahun lalu, rencananya Iran pada tahun 2015 ditargetkan menduduki posisi ke-15 di seluruh rantai produksi mulai dari ilmu pengetahuan sampai kekayaan. Akan tetapi hari ini dengan lebih dari empat persen produksi ilmu pengetahuan, Iran berhasil merebut posisi ke-8 dunia."


Sekarang, kata Sarkar, 29 universitas di Iran memiliki jurusan teknologi NANO di tingkat magister, 14 universitas Iran juga menerima mahasiswa program doktor untuk jurusan ini.

Kepala Lembaga Teknologi NANO Iran menambahkan, "Industri pertanian, properti, Nanomaterials, lingkungan hidup dan air, kesehatan dan keselamatan, energi, otomotif dan konveksi termasuk industri-industri yang saat ini memanfaatkan teknologi NANO di Iran."

Sehubungan dengan langkah musuh yang menutup akses penjualan perlengkapan mutakhir di bidang NANO ke Iran, Sarkar mengatakan, "Langkah musuh ini justru menjadi peluang sehingga Iran mampu mencapai kemandirian dalam produksi dalam negeri perlengkapan-perlengkapan tersebut. Saat ini 25 perusahaan di Iran aktif dalam bidang produksi perlengkapan uji coba."

(irib.ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar