"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Jumat, 20 Juli 2012

Ostoure: Konsep Motor Unik dari Persia


Mohammad Reza Shojaie, desainer asal Iran, berhasil menuntaskan mimpinya pada sebuah konsep motor besar berpenggerak 2-roda (2WD). Walau masih berbentuk sketsa 3-dimensi (3D), namun motor karya Reza ini telah membuat beberapa portal internet di dunia terkesima.
“Ostoure,” Begitu Reza memberi nama kuda besi ciptaannya.


Dalam bahasa Persia nama itu berarti “Legenda.” Ya, boleh jadi Reza ingin menciptakan sebuah legenda hidup di masa depan.

Ostoure memang tampak imajinatif. Super naked bike ini dirancang dengan keunikan tinggi. Bentuknya nyaris keluar dari patron sepeda motor yang berlaku saat ini.
Dengan sistem gerak 2WD Reza mengatakan Ostoure mengalikasi sistem transmisi differential ganda. Model setang kemudinya bahkan sangat ‘nyeleneh’ karena digambarkan layaknya setir pesawat terbang.
Konsep lain yang cukup impresif terdapat pada sistem suspensi. Pada bagian belakang, Reza mengatakan, diperlukan per ulir tunggal. Hal yang sama berlaku pada suspensi depan, namun ditambahkan opposite direction.

Bentuk garpu depannya sendiri tak berbeda dengan sebuah lengan ayun yang ditambahkan batang penyetabil. Komposisi ini cukup rumit mengingat motor ini juga membutuhkan ruang bagi radiator.

Meski demikian, Reza menjamin Ostoure tetap memiliki pusat gravitasi yang sempurna.

(www.dapurpacu.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar