"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Rabu, 20 Maret 2013

TNI AL Temukan 3.000 Kejahatan Laut


Setidaknya ada sedikitnya 3.000 kasus kejahatan maritim di seluruh wilayah perairan kita di sepanjang tahun 2012 berhasil ditemukan pihak TNI Angkatan Laut. Kejahatan di laut tersebut di antaranya mencakup illegal fishing, illegal logging, penyelundupan, bajak dan perompakan, serta perdagangan manusia.


Sebagaimana dijelaskan Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL), Laksamana Pertama (TNI) Untung Surapati di sela seminar tentang perbatasan laut RI di Jakarta, Senin (25/2), temuan tersebut didapat dari hasil patroli TNI AL.


“Kami menggunakan pesawat terbang yang bertugas dalam gugus tempur laut dan gugus keamanan laut. Temuan pantauan udara diteruskan ke kapal TNI AL yang bertugas. Kejahatan di laut tersebut mencakup illegal fishing, illegal logging, penyelundupan, perdagangan manusia dan lain-lain jenis kejahatan.,” ujarnya.

Disebutkan pula, panjang garis pantai Indonesia mencapai 81.000 kilometer, luas laut teritorial mencapai 5,9 juta kilometer persegi dan memiliki perbatasan laut dengan 10 negara tetangga. Yakni India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, Australia dan Timor Leste.

(tnial.mil.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar