"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Senin, 25 Maret 2013

Ini Dia Pesan Nowruz Obama untuk Iran


Presiden Amerika Serikat Barack Obama merilis sebuah pesan video, mengirim ucapan selamat kepada rakyat Iran saat mereka merayakan Nowruz.


Obama kembali mengklaim bahwa AS lebih mengedepankan cara damai dan solusi diplomatik untuk menyelesaikan masalah nuklir Iran. Mehrnews melaporkan, Selasa (19/3).


Presiden AS menyebut momen itu sebagai sebuah kesempatan untuk mengambil langkah-langkah guna mengurangi tensi ketegangan antara Iran dan Barat, terutama mengenai program nuklir Tehran.

Obama mengatakan bahwa ia menawarkan pemerintah Iran kesempatan jika memenuhi kewajiban internasionalnya, mungkin ada hubungan baru antara kedua negara, dan Iran bisa mulai kembali ke tempat yang selayaknya di antara komunitas bangsa.

"Saya tidak memiliki ilusi tentang sulitnya mengatasi dekade ketidakpercayaan. Ini akan menuntut upaya serius dan berkelanjutan untuk menyelesaikan berbagai perbedaan antara AS dan Iran," katanya.

Presiden AS menambahkan, musim semi baru dimulai dan dia tetap berharap kedua negara bisa bergerak melewati ketegangan. "Saya akan terus bekerja menuju hari baru antara bangsa kita yang membawa buah persahabatan dan perdamaian," ujarnya.

Di bagian akhir, Obama mengklaim Tehran sampai sekarang belum berhasil meyakinkan komunitas internasional bahwa program nuklir mereka untuk tujuan medis dan produksi listrik.

"Masalah itu telah mendorong Barat untuk menentang program nuklir Iran dan menjatuhkan sanksi-sanksi ketat terhadap negara itu," ujarnya. 

(irib.ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar