"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Jumat, 19 Oktober 2012

Kembalinya Endri Rachman, Sang Inovator UAV Indonesia


Dipl.-Ing. Endri Rachman, seorang lulusan Teknik Penerbangan dari universitas terkemuka TU Braunschweig (Jerman), merupakan mantan Pegawai PT IPTN. Ketika beliau bekerja di IPTN, beliau terlibat dalam beberapa proyek diantaranya pesawat N250 dan N2130, dimana tugasnya adalah mendisain logika autopilot dan sistem kendali pesawat Fly-by wire Flight control system. 


Penemuan Small Flight Control Simulator (Ironbird) of F-16 mengantarkan Endri Rachman meraih penghargaan tertinggi medali emas pada pameran Malaysian Technology Expo 2006. Pemerintah Sudan pun sudah melirik penemuan itu. Selain itu beliau juga telah mendapat beberapa penghargaan dari Inggris dan Jerman, untuk produk penelitiannya dalam bidang UAV seperti Flight simulator for UAV, Hardware In The Loop Simulator (HILS) for Unmanned System, dan Handlaunched UAV.


Beliau juga sudah mendisain dan membuat prototype UAV, seperti UAV Kujang, Keris, dan Bumerang. UAV tersebut bisa digunakan untuk pemantauan kebakaran hutan, pemantauan bencana tsunami, tanah longsor, pencarian korban kecelakaan, lalu lintas maritim, pencarian kandungan mineral bawah tanah, sampai pesawat mata-mata militer. Dipl.-Ing. Endri Rachman adalah pendiri dan direktur PT Globalindo Technology Services Indonesia (GTSI), sebuah perusahaan pembuat UAV yang didirikannya pada tahun 2007 dan bermarkas di Jalan Sarijadi–Bandung. Saat ini, PT GTSI banyak bergerak dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi UAV.

Sejak tahun 1999, beliau bekerja di sebuah universitas penelitian terkemuka di Malaysia, yaitu Univerisiti Sains Malaysia, sebagai pengajar dan peneliti dalam bidang UAV dan Autopilot dan kini ia telah kembali ke Indonesia. 


1 Februari pukul 10:31 
Wahai kawan...Alhamdulillah, akhir saya saya bisa pulang ke tanah air utk selama-lamanya...saya akan pulang awal april 2012...setelah 12 tahun tinggal di Malaysia dan bekerja di USM...tempat saya memulai kiprah dengan UAV....

28 Maret
wahai kawan....Sebagai bentuk penghargaan terhadap dedikasi saya, dalam penelitian dan pengembangan UAV di Indonesia, Wakil Menhankam Jendral Syafri Samsudin..telah mengundang saya secara pribadi,... utk mengadakan pertemuan dgn beliau di MABES ABRI,,utk membahas perkembangan UAV di Indonesia..dan menyatakan sendiri..atas kapasitas sebagai Wakil Menhakam, beliau akan melindungi setiap aset/hak cipta anak bangsa ini....Atas nama pribadi saya ucapkan banyak2 terima kasih, atas waktu yg bapak sedia utk saya dan juga kesedian bapak utk melindungi setiap aset dan hak cipta anak bangsa Indonesia.


5 April
wahai kawan...Ternyata sekarang saya mengerti dan bisa merasakan..bahwa Allah mentakdirkan saya pulang ke Indonesia..membawa berkah dan kebaikan yg banyak ke pada saya....karena ternyata di Indonesia...Ilmu, skill dan pengalaman saya berkaitan UAV..lebih diperlukan dan diminati ...dan kesempatan saya utk menulis buku, mengajar, buat kursus, workshop, road show, penelitian dan pengembangan UAV lebih terbuka luas....memang Allah Maha Adil dan Maha Mengetahui rahasia dibalik setiap kejadian.... Alhamdulillah...

10 April
wahai kawan....Ternyata ...saya harus mulai penelitian dan pengembangan UAV di bandung/Indonesia....seorang diri lagi..sama seperti ketika di USM-Malaysia...karena secara tiba2 ...2 orang tim uav saya ...mengundurkan diri, tanpa alasan yg jelas...pas saya baru sampai di bandung..tp nggak apa-apa. kerena .saya terbiasa buat sendiri...dan bisa membentuk tim baru dan mendidiknya kembali tim baru ini..seperti yg saya lakukan selama ini....

22 April
wahai kawan...Saya menawarkan kerjasama dengan mana-mana universitas atau lembaga penddikan tinggi, didalam dan luar negera..untuk mengadakan program pendidikan flying robot (UAV) ....tp dengan syarat saya yg menentukan kurikulum dan silabusnya...yg meliputi teori dan praktek (dual system ala pendidikan jerman) yg meliputi design, cad based drawing, production/manufacturing, system design-development-integration dan testing (ground dan flight testing)..kepada universitas2 yg tertarik silahkan menghubungi saya .....ini no hp saya ...081802098987...jangan disia-siakan tawaran ini...krn ini program satu-satu nya dunia...kalau nggak percaya silahkan cari di internet....


23 April
wahai kawan...Salah besar kalau ada yang menganggap.... saya minta dikasihani oleh negara ini...atau memelas kepada para pemimpin negara ini....supaya usaha penelitian dan pengembangan UAV ...diperhatikan dan dibantu..krn selama ini...apa yg saya usahakan ...dananya ...dari kantong saya sendiri...tidak ada sepeserpun dari pemerintah...dan saya juga tahu diri...jangan kan saya...orang selevel ....pak habibie pun yg berkoar2 ttg nasib PT DI pun nggak diperhatikan , apalagi saya.....

9 Mei
wahai kawan...Ini adalah infrastructure utk penelitian dan pengembangan UAV yg pernah saya buat dan gunakan selama 1o tahun kebelakang dari thn 2000- 2011...yg tersebar di bandung dan penang....yang dalam waktu 10 tahun kedepan .....diusahakan untuk dibuat kembali disini...mudah2an berhasil....kepada para investor dan orang yg berminat dan concern dengan kemajuan negara dan bangsa ini....dipersilahkan bergabung baik dana, pikiran, tenaga...dll..

10 Mei
wahai teman2 yg sedang bekerja di Luar negera......jangan takut untuk pulang ke tanah air dan berkarya disini.....memang betul gaji yg kita akan dapatkan ..tidak sebesar kalau kita bekerja di luar sana...tapi negeri dan bangsa ini memerlukan bantuan dan pertolongan kita.....dan ini lebih berharga..dari apapun yg kita terima diluar saya...percayalah....


11 Mei
wahai kawan.....memang..ironi..pesawat UAV ini saya buat di Bandung....tp khusus untuk USM di Malaysia..sedangkan di bandung.Indonesia ..nggak ada UAV ini ...sama seperti pesawat CN 235 ...dibuat oleh PT DI.....di sana ada flight simulator CN 235 buatan teman2 ex pt di...tp di bandung ..nggak ada simulator CN235 nya....

14 Mei
Wahai kawan...Kepada teman2 Indonesia yg mau kembali dan berkarya di tanah air....terimalah keadaan tanah air kita apa adanya.....yang baik kita pertahankan...yang masih kurang baik....mari sama-sama..kita perbaiki...Insya Allah...kita akan bisa beradaptasi dan berintegrasi kembali ..dengan cepat dan smooth...

15 Mei
wahai kawan....Kepada yang mau berkonsultasi UAV...bisa datang ke rumah saya...di jalan sarimadu no 7 sarijadi bandung....dari hari senin sd jum'at...dari jam 3 - 6 sore.


23 Mei
wahai kawan...Salah satu alasan saya ...memilih.berhenti kerja ...sebagai dosen/peneliti UAV,.... di USM-malaysia dan kembali bekerja di Indonesia...adalah.....karena saya berharap suatu hari nanti ...akan muncul ... seorang investor yg mau menginvestkan uangnya,.... dalam pengembangan UAV di Indonesia.....dengan membangun Pabrik , Lembaga pendidikan, riset dan training UAV pertama di Asia....saya sangat yakin hal ini...karena ini adalah salah satu doa saya..yg bertahun2 saya panjatkan setiap sholat malam.....dan insya Allah,... suatu hari nanti ...akan menjadi kenyataan......

26 Mei melalui seluler
Wahai kawan...Alhamdulillah ..PT GTSI.. Selain Uavindo dan pt di, ..dipilih sebagai nara sumber dalam survey...pembuatan regulasi pengoperasian uav sipil di indonesia

31 Mei
wahai kawan...Yang mengerikan dan menyedihkan adalah satu persatu ...kebanggaan yang suatu ketika dulu milik kita...cepat atau lambat mulai menghilang dari negeri ini, seperti Juara Thomas Cup, Anggota Organisasi Penghasil minyak dunia, Perusahaan Pesawat terbang PT. IPTN, banyak negarawan di negeri ini, dll...dan kita sebagai anak negeri ..tidak berusaha mencegahnya sedikitpun dan duduk berpangku tangan serta menyerah kepada keadaan....

31 Mei
wahai kawan...Mungkin..kebanyakan orang di Indonesia, termasuk pihak barat , menyangka ..bahwa sejak mundurnya PT. IPTN, ...teknologi pesawat terbang di negeri ini , terutama dalam design pesawat,....mulai hilang di negeri ini...dan tidak ada lagi harapan ..utk membangkitkan kembali ....tapi mereka salah....sebab usaha-usaha untuk membangkit dan menyebarluaskan teknolologi penerbangan ..yg pernah kita capai suatu ketika dulu...telah dimulai..walaupun berjalannya masih terseok-seok...tidak mengapa...suatu saat nanti...kejayaan itu akan menjadi kenyataan di negeri ini.....sebab kemandirian bangsa ini dalam bidang teknologi dan pertahanan..merupakan amanat yg disuarakan dan digagas oleh pendiri bangsa ini.....dan tidak boleh kita tinggalkan dan abaikan begitu saja....


27 Juni
wahai kawan...Kepada generasi muda negeri ini...janganlah silau oleh gaji yang besar, sehingga sanggup bekerja dibidang yang bukan keahlian kita..ok dalam waktu cepat..kita dapat meraih uang dan kekayaan...tetapi itu saja yang diraih....tapi kalau kita fokus dan mendedikasikan kepada pekerjaan yang sesuai dgn keahlian kita...bukan hanya uang/kekayaan yg diraih, tetapi nama, award, penghargaan dari masyarakat, produk yg kita buat, kejuaraan yg kita menangi, dan banyak lagi, keuntungan2 yg bakal kita raih....percayalah...


29 Juni
wahai kawan.....Di Indonesia...saya mendapat kesempatan belajar dan dapat ilmu mulai dari SD sampai keperguruan tinggi...dan mendapat kesempatan untuk belajar ke jerman dari pak habibie...di jerman ..saya mendapat ilmu dan pengalaman dalam bidang penerbangan, khususnya flight mechanics dan flight control...dan sifat2 bangsa jerman untuk maju...di Malaysia...saya mendapat kesempatan utk belajar dan mendalami UAV....

30 Juni
Wahai kawan...Mungkin ada yang pesimis tentang rencana dan program saya..mengingat kekurangannya disana sini...tp itu hak mereka....tapi satu hal yg harus dicatat..dulu..sepuluh tahu yang lalu ....orang tidak mengenal saya, tidak ada produk UAV dan lainnya yg dibuat, tidak ada pengalaman dalam bidang bisnis, tidak ada bengkel UAV , tidak ada modal...tapi setelah ditekuni selama 12 tahun..Alhamdulillah ..saya bisa dan berhasil...jadi untuk 10 tahun kedepan...tidak ada yg mustahil dgn rencana dan program saya.....jika Allah mentakdirkan hal ini kepada saya ..serta dengan doa, dukungan dari teman2 sekalian...

30 Juni
wahai kawan...Dalam rangka menyebarluaskan Ilmu, pengetahuan dan pengalaman UAV serta prospeknya ..maka kepada universitas2 di Indonesia ....International UAV Center - PT GTSI....bersedia mengadakan kerjasama dalam bidang UAV yg meliputi:
1. Pendidikan berbentuk kuliah, seminar dan conference
2. Penyelidikan dan pengembangan UAV dan applikasinya
3. Training dalam bidang disain, produksi, System de
velopment/integration, flight testing
4. Penulisan bersama jurnal2 international
5. Pameran bersama di Indonesia maupun level international
6. Mengikuti Kejuaraan secara bersama-sama dalam di bidang UAV dan unmanned System tingkat nasional dan international
7. Mengembangkan bersama produk2 unmanned system spt UAV, underwater, dll.
8. Dibantu pembuatan hak paten, IP 
9. Di bantu memasaran dan penjualan produk2 tsb

10 Juli
wahai kawan..Kepada teman2 yang mau bergabung dan ikut serta dalam magang pembuatan UAV yg terdiri dari magang UAV basic, lanjutan dan spesialis UAV..dipersilahkan....hubungi saya..untuk info selanjutnya ..(email : endri.rachman@yahoo.com, hp: 082126929115, tlp: 022-87775074)

9 Juli
wahai kawan...Kepada Mahasiswa2 Indonesia dari sabang sampai merauke ...yang berminat dalam bidang UAV...saya menawarkan tugas akhir dan perwalian jarak jauh..via internet....bidang yg mau dijadikan tugas akhir mulai dari design, manufacturing, system design, flight testing, modeling, simulation, aerodinamik, performance, stability and control, design logika terbang autonomous.

9 Juli
wahai kawan...Alhamdulillah..telah banyak penghargaan dan produk yg telah saya dapatkan dan hasilkan.....dan sekarang saatnya, saya mendidik anak-anak muda bangsa ini ...untuk menjadi orang2 yg terbaik dan menjadi the winner dalam pertandingan teknologi ditingkat nasional dan international, sehingga negeri ini ..kembali dikagumi dan dihormati bangsa2 lain di dunia.....

11 Juli
wahai kawan...Apalagi sih yang ..harus saya buktikan dan tunjukan..sehingga cerdik pandai dan semua pihak, yang sayangkan negeri ini ..dengan rela dan ikhlas..sama-sama..bahu membahu...membuat dan merealisasikan....UAV sejenis Predator, Aitan bahkan Global Hawk...yang diperlukan negara ini ...untuk menjaga kedaulatan dan integritasnya..

11 Juli
wahai kawan...Kepentingan Agama, Negara dan Bangsa ini...di atas segalanya...apapun tantangan, masalah yang menghalangi usaha dalam merealisasikan sistem pertahanan dan pemantauan negara melalui UAV...akan saya hadapi....

14 Juli
wahai kawan....itulah kelemahan pendidikan kita....para lulusannya kurang dipersiapkan untuk jadi pengusaha....harusnya mereka ini yang merintis....sehingga ada atau tidak adanya dukungan pemerintah,,,mereka ini tetap berusaha untuk mewujudkan pabrik2 sesuai dgn bidang keahlian mereka masing2...memang hidup seperti itu...yang peduli dgn apa yg kita inginkan , adalah kita sendiri

14 Juli
wahai kawan...Ini adalah bengkel pertama UAV yang saya dirikan....diatas tanah seluas 2 x 5 meter...dengan memakai dinding dari triplek dan atap dari terpal plastik......jadi mulailah dari hal yg sederhana, kecil dan lakukan sekarang....jangan terlalu banyak pikiran dan pertimbangan......lakukan sekarang......Insya Allah...dengan waktu...semuanya akan berubah ...menjadi lebih baik...

22 Juli
wahai kawan....Disebabkan mahalnya biaya pendidikan di perguruan-perguruan Tinggi negeri seperti UI, Unpad, ITB, UGM, dll...maka perlu diadakan sekolah-sekolah tinggi alternatif yang terjangkau dan menjanjikan peluang pekerjaan, dimana kurikulum dan silabus pendidikannya harus komprehensif dan tepat sasaran disesuaikan dengan minat dan bidang keahlian yang ingin diceburi oleh mahasiswa. Untuk itu aspek teori, praktek harus dikombinasikan satu sama lain serta berorientasi produk (product development). Selain diajarkan, bagaimana membuat produk, mahasiswa juga wajib diajarkan cara-cara berbisnis atau berwirausaha, leadership, attitude/moral melalui latihan dan training selama proses pendidikan ini. Dan yang penting juga, bahwa dosen atau pengajarnya, sudah harus mempunyai pengalaman selain menngajar, tetapi juga sudah pernah bekerja di perusahaan/industri dan sudah pernah membuat produk dan mengembangkannya, dan mempunyai pengalam terlibat dalam proses penjual produk2.

26 Juli
Wahai kawan...Ternyata yang paling cepat merespon rencana pengembangan UAV saya usulkan adalah Jogya ......


31 Juli
Wahai kawan.....Saya mengundang kepada mereka yang tertarik, untuk sama-sama melakukan penelitian dan pengembangan aplikasi UAV untuk pemantauan jalan tol Padaleunyi seperti tertera pada gambar dibawah ini. Proyek R&D UAV ini berbasis suka rela dan ditujukan kepada sesiapa yg mau sama-sama belajar dan mengali pengalaman berkaitan UAV. Sekarang ini saya sedang membuat proposal R&D nya, yang akan menjadi referensi kita dalam proyek ini dan akan diajukan kepada calon2 investor yang berminat. Nah, jika sudah ada dananya dari Investor, maka orang2 yg terlibat, nantinya, akan dibayar secara profesional. Proyek ini sangat menantang dan high technology, untuk jelasnya nanti saya beri penjelasan.Untuk pembelian barang R&D, untuk sementara saya danai.

3 Agustus
wahai kawan...Saya menunjukan apa2 di FB ini, bukan bermaksud minta bantuan atau ingin di puji2 atau dibanggakan..tetapi cuma ingin menanam kebaikan yaitu memberi contoh2 baik dan kisah2 inspirasi..yang mudah2an ada manfaatnya, sebab jika ada satu orang yg terinspirasi dan berbuat kebaikan...maka saya insya Allah, akan mendapat kebaikan dari usahanya.

10 Agustus
wahai kawan...setelah saya, melihat pameran teknologi, innovasi di sabuga berkaitan dengan hari kebangkitan nasional,....ada rasa senang dan sedihnya...senangnya karena sudah mulai kelihatan ada perkembangan positif ke arah penelitian dan pengembangan dalam bidang ini....tapi sedihnya.....seperti jasad tanpa ruh.....

30 Agustus
wahai kawan....saya tidak merasa gagal dengan uav yang saya usahakan ,...terbukti sudah ada 4 prototype UAV yg saya buat, sudah banyak penghargaan yg saya dapatkan dengan karya2 saya dalam bidang uav, baik dari malaysia, inggeris, jerman, dll, demikian juga telah banyak surat kabar menceritakan ttg saya dan uav yg saya buat, dan banyak orang yang mengenal saya selain keuntungan materi, berupa uang,rumah, kendaraan, dll....uav adalah produk teknologi tinggi yg membutuhkan man power yg berpengalaman dan handal, infrastruktur yg lengkap, modal yg kuat dan dukungan masyarkat ....semua ini diperlukan karena uav adalah produk yg dari segi market belum begitu establish, dan belum begitu dikenal luas dimasyarakat, ....selain kalangan militer,...nah disini tantangannya dan keadaanya,...tetapi ini bukan mencerminkan saya telah gagal,karena memang sebelum saya terjun ke bidang ini, keadaanya memang seperti ini dimasyarakat.... produk 2 yg baru yg bermunculan mengalami hal yg sama juga, sama seperti produk2 yg berkaitan dgn internet...diterima di masyarakat setelah mengalami proses pengembangannya selama hampir 30 tahunan....sayangnya kondisi di indonesia, spt yg sayang sebutkan diatas,....walaupun hal ini juga terjadi dinegara2 lain, ..tetapi hal ini tidak akan membuat saya beralih ke bidang yg lain....kalau semisalnya di indonesia...susah untuk mengembangkan, ...maka peluang untuk mengembangkan produk dan teknologi ini masih terbuka, dengan berhijrah ke negara2 yg memerlukan produk2 ini...

4 September
wahai kawan....Alhamdulillah, setelah 4 bulan saya berada di bandung,...Pengembangannya UAV di bandung mulai bisa berjalan lagi,...walaupun harus dari awal lagi semuanya...dan masih tergopoh-gopoh, ...yang terpenting...semuanya di danai dan dimiliki secara pribadi, sehingga Insya Allah, kedepannya....tidak ada lagi yg meng-intervensi kegiatan2 pengembangan UAV ini....dan tidak tergantung kepada siapa-siapa, selain kepada Allah SWT...

7 September
Wahai Kawan...Insya Allah....saya akan buka ....kuliah ttg teori pendisaian UAV di bengkel saya..mulai dari dasar...mulai dari aerodinamik, flight performance, stability & control (flight dynamics), flight control, struktur, propulsion...dan metode pendisainan menurut roskam methode.....

12 September
wahai kawan...Sebagai bukti keseriusan saya..dalam pemajukan pendidikan dan teknologi UAV di Indonesia...saya sekarang sudah mulai membuat buku ttg UAV dalam bahasa Indonesia dan menterjemahkan semua buku2 saya berbahasa jerman, inggeris ke dalam bahasa Indonesia..mengingat referensi ttg bidang UAV, Flight Control, Modeling & Simulation, Aircraft Design, Embedded System, dll...dalam bahasa Indonesia, sangat langka..apalagi yg disertai dgn contoh2 yg praktis dan aktual....buku yg sedang saya buat yaitu ttg disain autopilot dan buku ttg teori kontrol,...dan disambung dgn buku2 yg lain....

23 September
wahai kawan....Insya Allah, kepada mereka yang berminat belajar buat UAV, tetapi nggak mampu membayar,...bisa gratis alias nggak bayar sepeserpun, ....dan bisa dibayar dengan kerja-kerja untuk agama.....siapa yang mau bisa daftar sekarang.....


4 Oktober
wahai kawan...Doakan yach mudah-mudahan ...saya bisa membuat sekolah dari SD, SMP dan SMA/SMK....yang memadukan antara Agama , Ilmu Pengetahuan & Teknologi Robotik (Unmanned System) yang berorientasi amali/hands-on /produk..

4 Oktober
wahai kawan...Dalam rangka penyusunan kurikulum/silabus untuk pendidikan robotic (unmanned System) untuk tingkat SD, SMP,SMA/SMK dan universitas...kepada teman2 yg memiliki bahan atau info...boleh di emailkan ke saya (endri.rachman@yahoo.com) atau bisa juga dikirim lewat fb....sebelumnya saya ucapkan banyak2 terima kasih, mudah-mudahan Amal baik teman2 di Balas oleh Allah...dengan berbuat demikian teman2 telah membantu memberi pendidikan terbaik kepada generasi muda bangsa ini,.... untuk membangun Indonesia yg lebih baik....dimasa depan....


6 Oktober
wahai kawan...Alhamdulillah....Allah SWT memberi saya..Ilmu,skill dan pengalaman dalam bidang Flight Modeling, Simulation, Autopilot design,programming, UAV design, manufacturing, sistem integration dan flght testing....Saya akan memberikan secukupnya kepada siapa yg mau belajar,..tetapi saya akan memberi semuanya..kepada sesiapa yg se- visi dan se misi dengan saya....sehingga apa yg telah saya dapatkan dan usahakan..dapat berlanjut walaupun saya telah tiada,.... sehingga apa-apa yg saya cita-cita kan dapat terealisasi....dikemudian hari....

9 Oktober
wahai kawan....Sekarang telah dibuka Grup UAV dgn menggunakan BBM...dgn nama grupnya : persatuan UAV Indonesia...kepada teman2 yg berminat bergabung dan menanyakan permasalahan berkaitan dgn UAV dan perkembangannya..atau ingin chatting dan konsultasi langsung ttg UAV dgn saya....bisa bergabung di grup BBM ...silahkan kirim nomer pinnya ke saya nanti saya invite..

11 Oktober
wahai kawan....Saya mengundang kepada para mahasiswa/mahasiswi dan orang2 yg mempunyai kemampuan dan pengalaman dalam bidang penerbangan, flight control/control, pembuatan parasut, micro controller, disain hardware, sensor, telemetri, computer programming, marketing,pemilik tempat yg strategis, relasi/akses ke investor/pengusaha/penguasa.. untuk bergabung dalam rangka mengembangkan uav di indonesia...kerjasama ini, dalam rangka win-win solution....saya menyediakan apa yg saya punyai, anda menyediakan apa yg anda punyai,..untuk sama-sama kita garap uav ini, sehingga memberikan kebaikan kepada kita semua....


13 Oktober
wahai kawan...Dulu ketika jamannya pak habibie sebagai menristek dan diberi tanggung jawab oleh pak harto dalam pengembangan dan pembuatan teknologi strategis dan pertahanan,..orang2 BPPT, ITB dan orang iptn sendiri serta orang2 lain yg mempunyai kemampuan dalam bidang disain, analisis, testing, simulasi dan punya minat dalam penerbangan ...dipekerjakan di PT IPTN..mereka ini lah yg bahu membahu mendisain pesawat terbang baik dari segi airframenya, sistem avioniknya, sistem mekaniknya, dll....kemudian bila disainnya sudah frozen diserahkan kebagian produksi..yg terdiri dari orang2 yg memang ahli dan telah dididik dan ditraining dalam bidang produksi diberbagai perusahaan penerbangan di luar negeri spt di MBB, airbus, boing, casa, dll....kepada mereka lah produksi pesawat seperti CN 235, N250. diserahkan..kemudian jika sdh selesai diproduksi ..maka diserahkan ke bagian flight testing yg ahli dan dididik diluar negeri utk itu...maka tidak heran kalau pesawat2 PT IPTN spt CN 235...terbaik dikelasnya ..dan telah diproduksi bersama CASA spanyol lebih dari 200 buah dan dipakai oleh berbagai negara di dunia.....dan menjadi kebanggan kita ..sampai kapan-kapan....

19 Oktober
Wahai Kawan...Sudah saatnya ...universitas2 di Indonesia ..bekerja sama, bahu membahu ..melakukan penyelidikan dan pengembangan ...dalam bidang UAV....secara serius dan dengan mengikuti prosedure standard di dunia industri..yang meliputi aspek disain, produksi, sistem disain, development & integration dan flight testing....


Tulisan di atas merupakan catatan perjuangan Endri Rachman membangun kembali industri UAV di Indonesia yang saya copy dari status facebook beliau (www.facebook.com/endri.rachman), semoga bisa menjadi motivasi, membangkitkan optimisme kita di tengah berbagai persoalan yang tengah melanda negeri ini karena Indonesia punya segalanya, SDA yang berlimpah dan SDM yang berkualitas dan berakhlak.
Ayo bangkit Indonesia !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar