"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al-Hujuraat [49] : ayat 13)

Kamis, 19 Juli 2012

TV Dan Radio Iran Tawarkan Kerjasama Kepada TVRI


Farhat Syukri Dirut TVRI yang baru tidak ingin menyia-nyiakan peluang membawa TVRI berkelas dunia . Tawaran kerjasama dari TV dan Radio Iran, IRIB disambut baik , bahkan ia menawarkan agar IRIB membuka perwakilan di TVRI. IRIB pimpinan Dr.Sayed Mohammad Hessein berkunjung ke TVRI di Jakarta Mei 2012.


Kunjungan itu menjajagi kemungkina kerjasama TV dan Radio Iran IRIB dengan LPP TVRI yang sedang berusaha melakukan langkah-langkah perubahan agar LPP ini semakin berkualitas. Ditingkat Nasional dan daerah keinginan itu sangat memungkinkan dengan adanya peningkatan Anggaran TVRI baik Pusat maupun Daerah . " Apakah sumbernya dari APBN maupun APBD yang penting untuk meningkatkan TVRI " kata Farhat Sykuri dalam suatu diskusi di Jakarta .Anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo menyatakan peningkatan anggaran TVRI dan RRI adalah hal yang perlu mendapat perhatian .
Kunjungan TV Iran IRIB seperti gayung bersambut . IRIB menawarkan kerjasama seperti pertukaran berita , drama , sinetron dan film dan kerjasama bidang pendidikan , tulis Humas TVRI Mantab .

Pengalaman berharga dibidang penyiaran membawa TV di Timur Tengah ini sebagai stasiun TV yang menyimpan animasi dan arsip paling lengkap di Timur Tengah . Bahkan untuk antisipasi pemberitaan oleh pihak Barat , IRIB menawarkan sebagai sumber utama terhadap berita-berita di negara-negara yang dilanda konflik di Timur Tengah .

Bagaimana dengan tawaran IRIB itu , Farhat Syukri Dirut TVRI menugaskan seorang Direktur untuk menindak lanjuti pembicaraan tentang kerjasama kedua stasiun TV itu . Salah satu yang diminati TVRI adalah film-film unggulan seperti film sejarah Nabi Yusuf untuk diputar bagi halayak di Indonesia .Untuk film yang akan ditayangkan di Indonesia diharapkan bisa di dubbing dalam bahasa Indonesia . Pada tahun 2011 IRIB memproduksi 200 film dan Sinetron , suatu prestasi yang jarang dicapai TVdan Radio di dunia .
Didalam manajemen posisi pimpinan tertinggi TV Iran IRIB setingkat Menteri yang ditunjuk langsung oleh Pimpinan Spritual Tertinggi IRAN . IRIB membawahi 130 stasiun TV dan Radio , memiliki jaringan luas di dunia . Oleh karena itu program-programnya dialih terjemahkan ke 35 bahasa di dunia. TV dan Radio Iran ini telah menjalin kerjasama dengan 50 negara , dan membuka perwakilan di 25 Negara.

Sedangkan TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik , Dirutnya setingkat setara eselon I , atau setingkat Dirjen , dipilih oleh Dewan Pengawas LPP TVRI . Dalam melaksanakan tugas TVRI memiliki jaringan di seluruh Indonesia berupa stasiun TVRI daerah . Sedangkan jaringan internasional belum sebanyak yang dimiliki TVdan Radio Iran , IRIB . ( Infosketsa / Humas TVRI Mantab )

http://infosketsa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar